Thursday , August 13 2020

Pejabat Pemkab Bondowoso dan Sumenep Diperiksa, TIM KASN
 Surabaya, -LPKBERANTAS.-co.id – Tiga orang Tim KASN (Komisi Aparatur Sipil Negara) Lakukan serangkaian pemeriksaan terhadap Pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumenep dan Pemerintah Daerah Kabupaten Bondowoso, Pelaksanaan acara pemeriksaan bertempat di Aula Kejari Tanjung Perak – Surabaya. Rabu (18/3/2020).Kehadiran Tim KASN dipimpin langsung oleh Agung Endrawan , SH, MH., selaku Asisten KASN Bidang Pengawasan Pengisian JPT Wilayah 1, didampingi Pandu Wibowo, S. Sos., M.E.( Tenaga Ahli KASN) serta Baiq Nina Meinastity, S. Stp. ( Staf KASN).”Tujuan dari klarifikasi khusus untuk di Pemkab Bondowo ini adalah dalam rangka memastikan apakah Bupati Bondowoso selaku Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) dan PyB (Pejabat yang Berwenang) telah menindaklanjuti Rekomendasi KASN yang dituangkan pada waktu dalam bentuk Berita Acara,” Kata Agung Endrawan.

Lanjutnya, Sementara itu terhadap Pemkab Sumenep, TIM KASN melakukan pemeriksaan guna penelusuran informasi dan data terkait mutasi ASN.

” Informasinya ada dilakukan Demosi untuk melihat latar belakang dan sejauh mana prosedur yang dilakukannya,” ungkap Agung Endrawan.

“Prinsipnya setiap warga negara sesuai dengan bakat, kecakapan dan kemampuannya berhak atas Pekerjaan yang layak bagi kemanusiaan berdasarkan Pasal 27 ayat (1) dan ayat (2) UUD 45, dan ketika akan dilakukan demosi tentu harus ada upaya yang melatarbelakangi dengan dilakukan serangkaian klarifikasi dan pemeriksaan terlebih dahulu untuk memastikan fakta yang disampaikan tidak berujung pada Fitnah yang pada akhirnya bisa merugikan ASN itu sendiri ”, tandasnya.

Lebih lanjut dikatakan Agung Endrawan, KASN hanya ingin memastikan perlindungan ASN sesuai harkat dan martabatnya yang memang harus dilindungi menurut UU.

“PPK dan PyB juga diminta hendaknya memastikan setiap Mutasi, Rotasi dan Promosi tetap memperhatikan “Sistem Merit” yang berlandaskan pada Kualifikasi, Kompetensi dan Kinerja yang baik dan mematuhi segala mekanisme proses dan prosedur sesuai dengan UU No. 5 Tahun 2014 tentang ASN dan Peraturan pelaksana di bawahnya,” tambah Agung Endrawan.

Hal ini bertujuan, Imbuhnya, Untuk menghindari adanya konflik kepentingan (conflict of interest) guna mewujudkan transparansi, akuntabilitas dan kualitas ASN sesuai dengan penerapan pelaksanaan kebijakan pemerintah Indonesia terhadap ASN.

” Yah, KASN juga menyampaikan terima kasih kepada Kepala Kejaksaan Negeri Tanjung Perak – Wagiyo, SH, MH., atas kesediaanya diberikan tempat sementara untuk KASN dapat melakukan pemeriksaan dan klarifikasi dimaksud,” Pungkasnya.( B 571)

About admin

Periksa juga

BPK Sentil Borok Pemerintah Kucurkan Bansos, AQ: Data Pakai 2014

BY. Post  : LPKBERANTAS ( B 571 ) Selasa, 12 Mei 2020 LPKBERANTAS.Co.Id. | Sumenep …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *