Home / HUKUM / Calon Pengantin di Sumenep Wajib Ikut Tes Urine Narkoba

Calon Pengantin di Sumenep Wajib Ikut Tes Urine Narkoba

Calon Pengantin di Sumenep Wajib Ikut Tes Urine Narkoba

Post.Lkpberantas.co.id. B571
Kamis, 23 Januari 2020 | 22:46 WIB
Ilustrasi –

LKP berantas.co.id.Sumenep – Ada aturan baru untuk pasangan calon pengantin di Kabupaten Sumenep. Pasangan calon pengantin harus bebas dari pengaruh maupun kegiatan berkaitan narkoba.

Calon pengantin harus membuktikan dengan melampirkan keterangan hasil tes urine yang dikeluarkan Badan Nasional Narkotika Kabupaten (BNNK) Sumenep.

Kasi Bimas Islam Kementerian Agama Sumenep, Abdul Azis, aturan tersebut diberlakukan per 1 Januari 2020. “Jadi untuk calon pengantin yang hendak menikah per Januari ini dan seterusnya wajib melampirkan hasil tes urine bebas narkoba terbitan BNNK Sumenep,” jelas Abdul Azis, Kamis (23/1).

Menurut Azis, aturan bebas narkoba itu mulai diterapkan di Wilayah Kecamatan Kota Sumenep sebagai pilot project, sebelum diterapkan pada kecamatan lain di Kabupaten Sumenep, daratan maupun kepulauan.

Azis mengatakan, saat ini semua calon pengantin yang mendaftarkan diri untuk menikah sejak awal Januari 2020, khususnya Kecamatan Kota sudah diberlakukan tambahan persyaratan bebas narkoba. Namun bagi yang mendaftar sebelum Januari 2020, masih belum diberlakukan tambahan persyaratan itu, meskipun hari H pernikahannya berlangsung saat ini.

“Kebijakan bebas narkoba ini dilakukan agar perang terhadap narkoba dilaksanakan sejak pasangan hendak menikah dan akan dipertahankan hingga pasangan memiliki anak-anak yang juga bebas narkoba,” tegas Azis.

Secara bertahap, tambahan persyaratan itu akan dikembangkan ke KUA lain di Sumenep, baik wilayah daratan maupun kepulauan.

Menurut Azis, lembaga Kemenag Sumenep telah melakukan kerjasama dengan pihak BNNK Sumenep terkait aturan tes urine bagi pasangan calon pengantin.

“Silakan koordinasi dengan BNNK, berapa biayanya dan bagaimana prosesnya, pasti dipermudah. Kami sudah kerja sama dengan BNNK Sumenep,” tutup mantan Kasi Urusan Haji dan Umroh Kemenag Sumenep itu. ( Team B 571 )

 

About admin

Periksa juga

Kapolres, Akan Segera Tindak Lanjuti Kasus Pencabulan Tahun 2018

Kapolres, Akan Segera Tindak Lanjuti Kasus Pencabulan Tahun 2018 Post By : LPKBerantas. ; Bakri …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *