Friday , November 22 2019
Home / AKTUAL / MEMPERINGATI 17 Agustus Didalam Sungai

MEMPERINGATI 17 Agustus Didalam Sungai

MEMPERINGATI  17 Agustus  Didalam Sungai

Ajak Sadar Lingkungan, Warga di Sumenep Gelar Upacara Hari Kemerdekaan di Sungai
Warga Pabian melaksanakan upacara hari kemerdekaan di sungai setempat.

LPKBERANTAS,co.id,SUMENEP,  –  Ekpresi dalam menyambut Hari ulang Indonesia yang 74, kreatifitas , menjadi sensi tersendiri bagi msyarakat desa Pabian kecamatan kota sumenep. ” Berani dan Tegas pada penyampaian momentum peringatan 17 Agustus 2019 masyarakat  sekitar menyepaki dengan  kampung jembatan Merah Desa pabian  melaksanakan upacara  di dalam area sungai ( kali Marengan ). upacara detik-detik proklamasi dan pengibaran Bendera Merah Putih di sungai.

Sebagai penytaan sikap yang fondamental  kampung jembatan merah , memiliki rasa kepedulian  terhadap penyelamatan kondisi kali Marengan  yang mengalami banyak kehilangan habitat sungai yang melintas dikampung jembatan merah, disadari bahwa air menjadi peran utama dalam pelestarian lingkungan hidup.

Sehingga pelaksanaan upacara dalam memperingati 17 Agustus tahun ini ,dilaksanakan di tengah  sungai marengan, sebagai pernyataan protes sosial  terhadap pemerintah kabupaten Sumenep, agar keberadaan air dan habitat sungai menjadi prioritas pembangunan agar mamapu memberikan keseimbangan  terhadap kondisi lingkungan kita. Itu, yang disampaikan oleh  Alfad sebagai Ketua ; LSM Bhakti Lingkungan Hidup Sumenep ( BHiLS ) ketika ditemui oleh awak media.

Tak pelak, upacara yang digelar warga ini menarik perhatian banyak orang. Terutama para pengendara yang melintas di jalan raya , yang  berada di sebelaha selatan badan jalan raya  Sumenep- Kalianget, saat upara berlangsung

Panitia pelaksana upacara yang digelar  didalam sungai, ”  Mohammad Ilham menuturkan, ada dua maksud upacara hari kemerdekaan itu dilaksanakan di sungai, bukan di lapangan. Pertama memang untuk mengisi peringatan hari kemerdekaan.

“Kedua, melalui acara ini kami ingin mengajak semua pihak untuk bersama-sama sadar lingkungan. Kami ingin mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan. Termasuk sungai,” ujarnya.

Menurut ” Ikbal, salah satu wujud kesadaran terhadap kondisi lingkungan ialah dengan tidak membuang sampah ke sungai. Sebab selain bisa mencemari, juga bisa menjadi faktor terjadinya banjir di saat musim penghujan.

“Bagi kami keberadaan sungai sangat penting karena keberadaan air yang bersih akan memberikan kesehatan terhadap Lingkungan , karena keberadaan air sungai Marengan memberikan nafas bagi kalangan  masyarakat petani yang ada di kitar sungai marengan ini. ( B 571 )

About admin

Periksa juga

AJM TANTANG WAKIL KETUA DPRD SUMENEP TUNJUK HIDUNG SOAL MEDIA ECEK-ECEK YANG DITUDUHKAN

AJM TANTANG WAKIL KETUA DPRD SUMENEP TUNJUK HIDUNG SOAL MEDIA ECEK-ECEK YANG DITUDUHKAN Penulis MADURA EXPOSE – …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *