Saturday , October 31 2020
Home / LIFESTYLE / Minum kopi

Minum kopi

Ternyata Penyakit Ini Bisa Dicegah dengan Rajin Minum Kopi


Bhakri
Jumat 22 Februari 2019 – 10:54

 
Ternyata Penyakit Ini Bisa Dicegah dengan Rajin Minum Kopi ilustrasi
Winnetnews.com – Secangkir kopi untuk memulai hari memang menjadi hal yang lumrah dan menyenangkan. Kopi disukai hampir oleh semua kalangan, dan menjadi minuman yang dikonsumsi setiap harinya. Bahkan, beberapa orang mengonsumsi kopi lebih dari sekali dalam sehari, hingga kopi sudah menjadi bagian penting dari gaya hidup.

Banyak penelitian dan laporan medis yang telah dipublikasikan, memberikan pandangan yang berbeda mengenai pengonsumsian kopi. Beberapa penelitian mengatakan, meminum kopi dalam jumlah yang wajar secara teratur memiliki manfaat kesehatan, namun beberapa penelitian lain mengatakan sebaliknya.

Ingat! Terlalu Banyak Mengonsumsi Kopi, Ini Loh Efeknya
Cara Ini Bikin Penggemar Kopi Tetap Sehat
Lalu, bagaimana sebenarnya efek kopi terhadap kesehatan? Untuk tetap aman dan menghindari komplikasi yang tidak diinginkan, ada baiknya Anda mengonsumsi kopi dalam batasan yang normal. Mengonsumsi satu atau dua cangkir kecil kopi setiap hari masih merupakan hal yang wajar dan dapat memberikan sejumlah manfaat kesehatan.

Seiring bertambahnya usia, kesehatan seseorang akan semakin mudah terpengaruh. Hal ini karena sistem kekebalan kian melemah, tulang, jaringan dan saraf-saraf kita pun juga tak sekuat saat masih berusia muda. Ini membuat kita rentan terhadap berbagai macam penyakit.

Kopi disebut-sebut dapat membantu Anda mencegah datangnya penyakit yang terkait dengan pertambahan usia. Lalu, penyakit apa saja yang bisa kita cegah dengan rutin meminum kopi dalam batasan yang normal?

Diabetes
Diabetes merupakan salah satu gangguan metabolisme, di mana tubuh mengembangkan resistensi insulin atau tidak menghasilkan cukup insulin, sehingga memungkinkan kadar gula menjadi lebih tinggi dari keadaan normal. Hal ini dapat menimbulkan sejumlah gejala yang tidak diinginkan.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal American Chemical Society mengatakan bahwa antioksidan yang terkandung dalam kopi dapat menjaga tingkat metabolisme Anda tetap sehat. Hal ini kemudian bisa menyeimbangkan hormon insulin untuk mencegah diabetes di kemudian hari.
Stroke
Stroke merupakan suatu kondisi yang serius dan bahkan bisa mengancam jiwa seseorang. Saat mengalami stroke jaringan otak seseorang akan rusak karena kurangnya pasokan darah akibat terjadinya pembekuan darah.

Sebuah penelitian mengatakan bahwa mengonsumsi setidaknya secangkir kopi tanpa gula setiap hari dapat menjaga pembuluh darah melebar dan ini sangat bermanfaat untuk mencegah pembekuan darah yang pada akhirnya mencegah Anda dari serangan stroke.
Alzheimer
Alzheimer merupakan suatu kondisi yang terkait dengan usia, di mana sel-sel otak mulai memburuk yang kemudian memengaruhi memori, fungsi motorik dan keterampilan kognitif seseorang, yang pada akhirnya mengganggu aktivitas sehari-hari dari orang yang mengalaminya.

Sebuah penelitian di Amerika menemukan bahwa kafein dalam kopi dapat merangsang sel-sel otak untuk tetap sehat dan aktif dalam waktu yang lebih lama, guna mencegah penyakit Alzheimer

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *